Saturday, August 21, 2010

Duka Naon Tah

Pernah ga kalian melihat kembali masa lalu dan menyesal sejadi-jadinya akan apa yg sudah hilang? Berkhayal dalam alunan mimpi akan kemungkinan yg bisa terjadi seandainya jika semua berbeda?
Pernah ga kalian merasa ingin berteriak sejadi-jadinya jika mengingat, melihat, mendengar, merasa, menyentuh, sesuatu yg ada di masa lalu?
Tidak ada kepastian dalam hidup ini, kita bisa berstrategi, berfikir 7x tentang langkah yg akan kita ambil, tp te2p, hidup ini selalu menyimpan kejutan.
Tapi kita musti bisa, mau dan harus ngalengkah, gak bisa terus2an ada di masa lalu.
Si eta ayeuna hidup senang, si eta ayeuna sukses, si eta geus kawin, si eta jadi dokter, si eta geus berhasil jd tukang beca, si eta jadi gelandangan profesional, si eta boga kabogoh geulis, si eta hirup makmur, si urang?
Padahal mereka itu adalah kawan, rekan, teman, sahabat, mantan kekasih atau rival dulu. Mereka memilih jalan yg berbeda. Tp apa kita pernah mikir, coba mun urang bareto begini-begitu, bakal jiga si eta, bakal jd jeung si eta, bakal tetep jeung si eta, bakal jd konglomerat kelas kakap.
Sebuah polemik tak berujung dan berdasar, sekalipun dengan rasa ikhlas seorang manusia biasa, hal tersebut yg ada di dalam ingatan kita, yg tak kan pernah hilang, bakalan keluar, keluar, keluar dan mengganggu.
Terutama bagi kalian yg merasa masa lalu dengan dia, masa lalu waktu begini, masa lalu waktu masih bisa, adalah masa-masa yang paling indah, pasti bakalan sulit untuk bisa di delete. Apa kudu di format? ato low level format?
Nya, apapun cara untuk dapet solusina, intina mah tetep, eta solusi moal papanggih, kecuali mun amnesia saumur-umur, hha.
Serius dah, bahkan ketika sekarang kita hidup bahagia dan mendapatkan apa yg dibutuhkan, hal di atas tadi bakalan tetep ngaganggu. Ngaganggu saat kita bisa terganggu, rapuh, lemah dan rentan.
Tapi serius, hirup mah jalan terus, terus dan terus. Tanpa harus takut bakalan enggeusan, da nu kudu dipikasieun mah, mun hirupna teu mimitian, jadi teu hirup pisan tah? heu.

Sy ilang HP Nokia E50 untuk yg ke dua kalina dulu, di Sabda Alam Garut, karna itu HP di simpen di tempat HP nu di pasangkeun di sabuk. Sabuk lepas, itu tempat HP beserta isina ilang, bagaimana kalo itu HP pd saat itu sy sakuan seperti biasa?
Hmmmm……
Sy keilangan seorang yg sangat sy sayangi karna sy telalu dingin, kurang perhatian dan tidak bisa ada kalo lg dibutuhin, bagaimana jika sy waktu itu berubah dan mengikuti keadaan? Pasti ampe sekarang masih ama dia ato bahkan ampe nanti punya anak cucu.
Hmmmm…… juga.
Pasti lah banyak yg ngebuat kita ingin mengulangi masa lalu, masuk ke laci meja belajarnya Nobita dan menggunakan itu mesin waktu, tp itu mustahil kawan, what’s done is done. Tp semua pencerahan, solusi dan nasehat terbaik di dunia ini, tidak ada yg bisa membuat kita lupa. Ikhlas mungkin, lupa? Kalo gak ada bantuan khusus, semodel hipnotis mah, moal. Kita akan mengingat kembali, dan kita akan merasa miris kembali, walaupun hanya untuk sesaat.
Tp teman, hidup ini memang berat, dan apa yg kita miliki sekarang, harus kita sukuri. Coba kalo kita ucapkan dengan bahasa asli sayah, ” Life is hard, but, what’s done, is done, there is no turning back. All we have to do now is get ready to step forward, be bold. Enjoy and cherish the present, ’cause the present is a gift. ” Ngerti kan? kenapa Masa Kini yang harus kita nikmati dan sukuri itu begitu berharga? Dalam bahasa Inggris, Masa Kini adalah Present, dan dalam bahasa Indonesia (dalam bahasa Inggris juga sih), Present adalah hadiah, anugrah.
Ngan eta, angger weh, da ari keur kaiengetan mah, keukeuh weh, sok handeueul, ner teu? :D

No comments: